Bagikan berita ini ke teman !

Pelaksanaan P5 berbasis pada proyek (project-based learning). Pembeda pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. P5 memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. Dengan harapan adanya P5 ini satuan pendidikan dapat menyiapkan peserta didik lebih peduli pada mengatasi persoalan sendiri dan adaptif terhadap perubahan lingkungannya.

Dalam pelaksanaan P5 memiliki banyak tema, tetapi dalam artikel ini tema yang diangkat adalah “Bangunlah Jiwa Raga ( Senam Kreasi)” dengan topik “Fresh your mind, make it fun” Hal yang menjadi pertimbangan dalam mengangkat tema di atas adalah untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani siswa. Tema dan topik Kesehatan merupakan sesuatu yang prinsip bagi kehidupan manusia, dengan badan dan jiwa yang sehat manusia akan dapat beraktifitas dengan baik. Kesehatan tersebut dapat dicapai dengan berolahraga yang baik dan teratur, salah satu olah raga yang dapat dilakukan dengan senam. Salah satu senam yang bisa dilaksanakan adalah senam yang di modifikasi atau telah di rubah dan digbah dengan maksud agar senam tersebut enak dan mudah untuk dapat dilakukan.

SMP Negeri 2 Padang telah mengambil gaya hidup berkelanjutan.  Melalui proyek tersebut, siswa diharapkan akan mengembangkan secara spesifik tiga  dimensi profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis, serta bergotong-royong. Panen karya juga sudah dilakukan dengan menampilkan hasil senam kreasi masing-masing kelas. Puncaknya mereka menampilkan senam kreasi tersebut dengan sangat menarik. Pelaksanaan senam kreasi dilaksanakan setiap Kamis pagi di lapangan sekolan SMPN 2 Padang.

Bagikan berita ini ke teman !

Leave a Comment